Ponsel Android Murah Bakal Banjiri Pasar

Monday, January 24th 2011. | Ada apa lagi ya?

Ponsel AndroidPonsel Android low end tidak hanya ditawarkan oleh merek lokal atau merek China, tapi juga ditawarkan vendor besar pemilik merek internasional. Product Marketing LG Mobile Communication Richard Susilo mengatakan pasar ponsel Tanah Air akan masih didominasi model low end. Selama ini, ponsel yang dijual di Indonesia 30% berharga kurang dari Rp1 juta.
Richard mengatakan di 2010, LG akan memasukkan berbagai model ponsel untuk memenuhi semua segmen. Namun LG juga menyediakan ponsel dengan harga terjangkau menggunakan sistem operasi Android. Kami akan luncurkan 3-5 tipe Android untuk semua segmen, termasuk mid end dan low end, katanya di Jakarta, kemarin.
Ia mengatakan ponsel Android bukan monopoli high end. Vendor bisa memproduksi ponsel Android untuk segmen bawah, karena berpotensi bisa menjadi produk massal. Rencananya LG akan meluncurkan ponsel Android mulai triwulan pertama 2010.
Menurut Richard kekuatan Android itu ada pada banyaknya aplikasi yang akan disediakan dan bisa menyaingi Apple Store. LG juga bekerjasama dengan pembuat aplikasi lokal, imbuhnya.
Selain LG, produsen ponsel lain juga sudah ancang-ancang memasarkan Android. Huawei telah meluncurkan ponsel Android di pasar kuartal ketiga 2009, tetapi untuk Indonesia kami belum bisa memastikan kapan waktunya. Huawei akan terus memantau perkembangan pasar dan produk lainnya, ujar Brand Manager Integrated Marketing Communication Huawei Tech Investment Yunny Christine.
Ia mengatakan produk ponsel berbasis Android Huawei bahkan sudah direview operator XL. Tapi kami masih mencoba mencari waktu terbaik untuk meluncurkan ponsel Android ini, tambah Yunny.
Sementera ponsel merek lokal lain juga tak kalah mempertimbangkan ponsel Android. Memang teknologi Android sekarang sedang naik, dan yang akan datang pastinya akan marak, Nexian sudah menyiapkan produk ponsel Android di awal kuartal kedua, ujar Media Relation Officer Nexian, Ratna Adjie.
Persiapan serupa juga telah dilakukan BlueBerry. Untuk ponsel Android BlueBerry memang sudah ada rencana untuk ikut terjun dan dipastikan akan keluar di 2010, namun belum ada kabar terbaru kapan tiba di Indonesia, ujar Product Marketing CSL BlueBerry Devi Savitri.
Sementara Android diyakini tidak akan menggerus pasar ponsel QWERTY. Hal itu karena QWERTY memiliki pangsa pasar tersendiri bila dibandingkan dengan ponsel Android nantinya.
Kenyamanan menggunakan QWERTY sudah sangat digemari konsumen, mereka lebih efisien dan lebih mudah untuk digunakan untuk messaging. Saya kira pasar QWERTY di 2010 akan tetap digemari meskipun hadir ponsel Android di 2010, ujar Ratna Adjie.
Harga ponsel China sudah sangat murah selama ini, jadi meskipun akan hadir ponsel Android disinyalir tidak akan menurunkan harga ponsel QWERTY, tambahnya

tags: , ,