Kenali dan Rawat Baterai Handphone Anda

Sunday, August 7th 2011. | Tips seputar Ponsel

baterai handphoneKondisi baterai handphone yang mampu bekerja maksimal, sangat mempengaruhi aktivitas mobilitas anda. Seperti halnya handphone, baterai tetap harus dirawat, agar kinerjanya terus maksimal. Saat ini ada berbagai jenis baterai yang digunakan untuk handphone. Setiap baterai tentu memiliki tipe perawatan yang berbeda-beda. Banyak cara yang bisa anda tempuh agar kondisi baterai anda mampu tetap bekerja dengan optimal. Caranya juga cukup mudah. Berikut kami berikan sedikit tips untuk merawat baterai handphone anda berdasarkan jenisnya :

* Baterai NiCD (Nickel Cadmium)

Baterai ini merupakan generasi pertama yang beredar di ranah handphone. Kapasitasnya besar, sehingga cocok untuk ponsel lama yang bertenaga besar. Untuk baterai baru, charge selama 12 jam nonstop. Selanjutnya, pengisian ulang bisa dilakukan saat aya baterai benar-benar habis. Bateri NiCD memiliki permanent memory effect, semakin lama kapasitasnya akan semakin menurun jika pengisian dilakukan saat belum kosong benar.

* Baterai NiMH (Nickel Metal Hydride)

Baterai jenis ini merupakan wujud perkembangan teknologi, beratnya lebih ringan dari jenis NiCD. Untuk proses pengisiannya anda tidak harus menunggu sampai daya baterai benar-benar habis.

* Baterai Li-Ion (Lithium Ion)

Dibanding dua generasi sebelumnya, baterai jenis ini tanpa disertai memory effect. Jadi anda bisa mengisi ulang tanpa harus menunggu baterai habis. Namun, untuk jenis ini perlu dilakukan sedikit perawatan khusus. Untuk pengisian awal, lakukan sesuai petunjuk manual atau sampai lampu tanda baterai pada tanda ”full”. Untuk mengisi baterai ini, tidak perlu menunggu sampai habis, namun usahakan jangan sampai overcharge. Jadi usahakan langsung cabut jika memang sudah terisi penuh, karena overcharge akan membuat kemampuan baterai menurun.

* Baterai LiPo (Lithium Polymer)

Ini adalah generasi terbaru baterai, keunggulannya yang utama adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Untuk perawatannya tidak jauh beda dengan Li-Ion, namun anda harus lebih berhati-hati karena sifatnya yang ”liquid” membuatnya cukup rentan terhadap tekanan yang cukup keras yang bisa menyebabkan bentuk handphone berubah.

tags: , , , , , , , ,